>

Tuesday 17 November 2015

Mengenal Thermistor/Thermal Over Load Motor

Gambar diatas adalah contoh sebuah thermistor over load motor yang sering kita lihat pada rangkaian control motor yang biasanya ditempel pada kontaktor drive motor.
1. Prinsip Kerja Thermistor
    Thermistor bekerja sama dengan halnya NFB dan MCB yaitu sebagai pemutus hubungan bila terjadi beban berlebih sehingga arus mejadi besar atau jika terjadi hubung singkat.Namun thermistor biasanya digunakan untuk safety sebuah motor bila terjadi beban yang melebihi kapasitas arus max motor tersebut.
Makanya dalam satu thermis ada pin khusus untuk 3 phase sebagai penghubung tegangan ke kontaktor,tapi pin ini berfungsi sebagai conector saja karena kontak poinnya dipisah.





Gambar diatas adalah contoh pengaplikasian sebuah thermis dimana kontak poin NC dari thermis disambung seri dengan kontrol sehingga pada saat terjadi lonjakan arus kontak poin tersebut akan memutus tegangan kontrol sehingga motor off.
Itulah sekilas penjelasan kami mengenai sebuah Thermistor Over Load Motor semoga bermanfaat bagi kita khususnya para pemula yang baru terjun ke dunia electrical.
untuk menanbah lagi pengetahuan kita akan komponen-komponen listrik silahkan klik disini
www.tekhniklistrikindustri.blogspot.com

No comments:

Post a Comment