>

Friday 20 November 2015

Mengenal Motor Listrik

Gambar diatas adalah contoh sebuah motor listrik yang sering digunakan pada mesin-mesin disuatu industri.Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan sedikit menguraikan apa itu motor listrik?
Pada prinsipnya Motor adalah suatu komponen/alat pengubah energi listrik menjadi energi mekanik.Dan ada juga satu motor yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik yang disebut Generator ( di lain waktu kita akan bahas juga mengenai generator ).
Motor listrik yang digunakan di industri umumnya adalah motor listrik ASINKRON dengan dua standar global yaitu IEC dan NEMA.Motor listrik Asinkron berstandar IEC berbassis metric ( mili meter ) sedangkan motor listrik berstandar NEMA berbasis IMPERIAL ( inch ) dalam aplikasinya bersatuan horse power ( hp ) dan kilo watt ( kw ).
1.Prinsip Kerja Motor Listrik
   Pada motor listrik energi listrik diubah menjadi energi mekanik cara ini dilakukan dengan mengubah energi listrik menjadi energi magnet inilah yang disebut electro magnetik.Sebagaimana kita ketahui prinsip dari magnet yaitu bila dua kutub magnet yang sama berdekatan akan saling tolak menolak dan bila dua kutub berbeda berdekatan maka akan saling tarik menarik.Maka akan terjadi gerakan apabila kita menempatkan megnet pada satu poros yang bisa berputar dan magnet yang lain pada satu kedudukan yang tepat.
   Pada motor magnet dihasilkan dari kumparan-kumparan yang dililitkan pada sebuah inti besi yang disebut sebagai stator ( komponen diam ).
 Dan ada juga yang disebut rotor ( komponen bergerak )
Rotor akan berputar ketika kumparan pada stator mendapatkan tegangan yang mengubahnya menjadi magnet.
2.Jenis Motor Listrik
     Dilihat dari tegangan suplynya motor listrik dibedakan menjadi dua yaitu motor listrik Single Fhase dan Motor listrik 3 fhase dan ada juga motor torque.Tegangan suply untuk tiap motor berfariatif dari 5vdc sampai 380 vac ( baca name plate pada motor ).
 Sekian ulasan kami mengenai motor listrik terus gali ilmu-ilmu listrik agar anda menjadi seorang tekhnisi handal.Baca juga artikel lainnya ditekhnik listrik industri

No comments:

Post a Comment