>

Sunday 22 November 2015

Mengenal Motor Listrik 1 Fhase

 Berdasarkan karakteristik arus motor dibagi menjadi dua yaitu:
1.Motor Listrik 1 fhase ( single fhase )
2.Motor Listrik 3 fhase
 Pada kesempatan kali ini saya akan membahas yang no 1 yaitu motor listrik 1 fhase.
Motor listrik 1 fhase terdiri dari :
a.Motor Capasitor
b.Motor Shaded Pole
c.Motor Universal
Prinsip Kerja Motor 1 Fhase
Berbeda dengan motor 3 fhase yang mempunyai 3 kumparan pada statornya yang biasanya ditandai dengan U,V,W,X,Y,Z ( pembahasan lebih detail mengenai motor 3 Fhase nanti akan saya buat pada pembahasan berikutnya ) sedangkan pada motor 1 fhase hanya mempunyai 2 kumparan yaitu kumparan inti ( utama ) dan kumparn bantu perhatikan gambar dibawah ini
Biasanya pada kumparan inti ( utama ) menggunakan kawat email lebih besar sehingga impedansi dan nilai resistansinya akan lebih kecil sedangkan pada kumparan bantu akan menggunakan kawat email yang lebih kecil sehingga jumlah belitannya akan lebih banyak dan nilai resistansinya akan lebih besar itulah cara yang selalu saya gunakan untuk mengetahui mana kumparan inti dan mana kumparan bantu menggunakan AVO meter.
Grafik arus kumparan inti dan kumparan bantu berbeda fashe sebesar φ hal ini disebabkan karena berbedanya nilai impedansi pada masing-masing kumparan.Perbedaan arus beda fhase ini menyebabkan arus total,merupakan penjumlahan vector arus inti dan arus bantu.Dan tentunya medan magnet yang dihasilkanpu akan berbeda φ.lihat gambar dibawah ini


Gambar 2. grafik Gelombang arus medan bantu dan arus medan utama
 
Berhibung waktu istirahat saya sudah habis dan sudah waktunya terjun ke mesin yang trouble,mungkin itulah sedikit pembahasan yang bisa saya sampaikan untuk anda khusunya yang masih awam didunia listrik Dilain kesempatan saya akan bahas juga mengenai :
1.motor capasitor
2.motor shaded pole
3.motor universal.
Baca juga artikel-artikel lainnya ditekhnik listrik industri 





No comments:

Post a Comment